Sekitar 200-300 orang setiap hari biasa (weekdays) mengunjungi replika sekolah dasar di film Laskar Pelangi itu. Kalau hari libur? Wah, saya enggak tahu, petugasnya lain lagi, kata petugas penjual tiket di hari Kamis ketika kami berkunjung. Tapi pasti jauh lebih banyak, katanya.

Sekitar 200-300 orang setiap hari biasa (weekdays) mengunjungi replika sekolah dasar di film Laskar Pelangi itu. Kalau hari libur? Wah, saya enggak tahu, petugasnya lain lagi, kata petugas penjual tiket di hari Kamis ketika kami berkunjung. Tapi pasti jauh lebih banyak, katanya.

Belitung, (ITN-IndonesiaTouristNews): Pemkab Belitung di mana Tanjung Kelayang berada, sebaiknyalah segera berupaya membangun dermaga atau jetty kendati berukuran kecil-kecl, di pantai Tanjung Kelayang, agar wisatawan mudah dan nyaman untuk naik turun perahu boat. Puluhan mungkin mendekati seratus jumlah perahu boat milik masyarakat nelayan setempat yang setiap hari digunakan untuk mengangkut  wisatawan berkeliling di perairan laut Tanjung Kelayang itu. Di sini terkenal tur laut yang disebut island hopping, — seakan melompat dari satu pulau ke pulau lain —, berwisata bahari.

Dari bibir pantai perahu akan berlayar lima menit lalu tiba mendekati pulau Garuda. Ini sebenarnya batu-batu granit besar dan kecil yang tersusun timbul di permukaan air laut, tampak menyerupai bentuk kepala burung

Replika "gedung" SD-nya seperti ditonton di film-nya, bukan?

Replika “gedung” SD-nya seperti ditonton di film-nya, bukan?

Garuda. Bahkan mirip seperti siluet kepala burung Garuda yang

Tengoklah mungkin mendekati 100 perahu nelayan untuk wisatawan tersedia kini di Tanjung Kelayang. (Foto:AH)

Tengoklah mungkin mendekati 100 perahu nelayan untuk wisatawan tersedia kini di Tanjung Kelayang. (Foto:AH)

dicitrakan pada logo “Wonderful Indonesia”.

Dari situ terus berlayar dan lima menit kemudian tiba di pulau yang disebut pulau Batu Berlayar. Ini pun batu-batu granit besar dan

Lokasi persisnya sebagian shooting film Laskar Pelangi, di sini.

Lokasi persisnya sebagian shooting film Laskar Pelangi, di sini.

kecil yng tersusun sehingga tampak dari jauh seperti penampang perahu sedang berlayar. Saat pasang surut,

Untuk naik turun perahu ini berwisata bahari di Tanjung Kelayang ini,untuk wisatawan memang disiapkan tangga yang dipegangi oleh awak perahu. Wisatawan akan tampak "enjoy" saja.(Foto:AH)

Untuk naik turun perahu ini berwisata bahari di Tanjung Kelayang ini,untuk wisatawan memang disiapkan tangga yang dipegangi oleh awak perahu. Wisatawan akan tampak “enjoy” saja.(Foto:AH)

batu-batu besar ini tampak bertengger di atas pasir di tengah laut dan para wisatawan bisa turun ke pasir dan berfoto ria di batu-batu tersebut. Dari sana berlayar lagi ke pulau Kepayang, di sini ada tempat untuk makan siang. Setelah itu berlayar lagi menuju ke pulau Lengkuas yang juga mulai terkenal, di mana terdapat menara mercu suar berketinggian 80 meter yang dibangun lebih 100 tahun silam. Laut sekitar pulau ini merupakan lokasi di mana wisatawan menikmati snorkeling, dan, diving. Air laut di Tanjung Kelayang ini jernih bersih.

Dari hotel di tengah kota Tanjung Pandan,pun terlihat pantai kotanya berpasir leba dengan pemandngan laut yang menampakkan pulau-pulau kecil tak jauh di seberang..(Foto:AH)

Dari hotel di tengah kota Tanjung Pandan,pun terlihat pantai kotanya berpasir lebar dengan pemandngan laut yang menampakkan pulau-pulau kecil tak jauh di seberang..(Foto:AH)

Jadi, island hopping merupakan ciri berwisata bahari di Tanjung Kelayang. Kawasan Tanjung Kelayang itulah oleh Kementerian Pariwisata atau pemerintah telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Harapan berkembangnya kawasan ini menjadi berkelas inernasional dan akan menjadi salah satu destinasi yang akan digandrungi oleh wisman, untuk berwisata bahari, semakin dekat untuk menjadi kenyataan.

Masyarakat setempat kini mengakui, kalau wisnus atau wisatawan domestik, telah berseri grup-grup yang datang ke Belitung ini. Ada yang program wisata 2 malam 3 hari, ada yang tiga hari empat malam. Dan pastilah menikmati wisata bahari di Tanjung Kelayang, selain menyaksikan lokasi-lokasi tempat shooting film Laskar Pelangi, dan, replika sekolah muhammadyah yang melekat di imajinasi penonton film Laskar Pelangi itu.

Tanjung Pandan pun berpotensi mnjadi kota wisata bahari! Pantainya sebagian merupakan pantai berpasir putih, melebar menjorok ke laut setiap pagi hari saat pasang masih surut. Kegiatan wisata bahari di sini tampak mempunyai peluang pula. Dengan perahu boat ke pulau Leebong, misalnya, sekitar 10 menit, dan pulau di sekitar itu pun berpotensi memberikan kesenangan bagi wisatawan menikmati bahari.

Bandara Hajannuddin kota Tanjung Pandan, telah diberi status bandara internasional. Penerbangan langsung luar negeri khususnya dari Singapura dan Kuala Lumpur, mulai dirintis dengan penerbangan charter. Tapi seperti disebutkan tadi, ada fasilitas yang “elementer” mestinya segera disediakan. Yaitu “dermaga” di bibir pantai Tanjung Kelayang, agar para wisatawan bisa mudah dan nyaman untuk naik turun perahu. Sampai sekarang, setiap kali mau naik atau turun, penumpang haruslah membuka sepatu dan menggulung meninggikan kaki celana panjang pria wanita. Itupun masih dengan risiko terjatuh ke air tetap lebih banyak, lantaran harus menggunakan tangga “darurat”.

Atau, mungkin perlu diambil alih oleh Kementerian Perhubungan? Seperti diberitakan melalui siaran pers dari Kemenhub kemarin, untuk lebih mendukung peningkatan pariwisata di Kabupaten Belitung, Kementerian Perhubungan tahun 2018 akan membangun Pelabuhan Tanjung Batu. Hal ini dikatakan Menhub Budi Karya Sumadi usai meninjau langsung kondisi Pelabuhan Tanjung Batu di Belitung yang saat ini digunakan sebagai tempat bongkar muat tambang pasir, Sabtu (28/10).

Selanjutnya Menhub berharap Pelabuhan Tanjung Batu dapat difungsikan kembali sebagai pelabuhan bongkar muat kontainer dan penumpang termasuk untuk wisatawan. Menhub langsung meminta kepada pemerintah setempat memindahkan aktivitas bongkar muat pasir ke tempat lain.***