The Phoenix Hotel Yogyakarta.(Foto:AccorHotels)

The Phoenix Hotel Yogyakarta.(Foto:AccorHotels)

Jakarta, ( ITN – IndonesiaTouristNews ) : The Phoenix Hotel Yogyakarta tahun ini menginjak usia 100 tahun. Berlokasi di Jalan Sudirman di tengah kota, ini merupakan salah satu hotel legendaris bersejarah di Yogyakarta. Sejak tahun 1918 sampai sekarang  2018, hotel yang kental dengan arsitektur kolonial tapi interior bernuansa keraton itu telah menjadi saksi berbagai era pemerintahan di Republik Indonesia.

Hotel yang sudah “modern” ini kini menempati sebuah bangunan tu,. tampak menjaga kelestarian bangunan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Dan memberikan kesejahteraan kepada seluruh karyawannya.

Diklasifikasi dengan bintang 5, mengoperasikan 143 kamar, delapan ruang pertemuan dan satu ballroom, kolam renang di halaman tengah bangunan (court yard), spa yang menawarkan perawatan ala Jawa, pusat kebugaran, butik dan cake shop. The Phoenix Hotel Yogyakarta itu tetap masih menyediakan Bakpia 1918. Penganan yang telah dibuat sejak tahun 1918 dengan resep khusus dan tidak pernah berubah sampai sekarang itu telah memberi kesan mendalam bagi tamu-tamu hotel, bahkan tidak sedikit yang membawanya sebagai buah tangan. Ini bakpia khusus yang hanya ada dan dijual di hotel.

Salah satu sudut bar di The Phoenix Hotel Yogyakarta.(Foto:AccorHotels)

Salah satu sudut bar di The Phoenix Hotel Yogyakarta.(Foto:AccorHotels)

Hotel ini resmi bergabung dalam grup Accor pada tahun 2003, masuk ke dalam koleksi hotel M-Gallery. Koleksi hotel-hotel di M-Gallery merupakan hotel yang memiliki keunikan dan nilai sejarah.

Dalam rangka memperingati hari jadi 100 tahunnya, Hotel mengadakan Pengajian Akbar dan Parade Hadrah pada hari inil 12 Februari 2018 mulai pukul 15.00-18.00 WIB. Pengajian Akbar ini mengundang penceramah kondang dari Yogyakarta Gus Miftah Maulana Habiburrahman yang juga pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Purwomartani Kalasan, Sleman. Di dalam siaran persnya, acara ini juga mengundang semua komunitas muslim dari seluruh karyawan hotel di Yogyakarta.

Bersamaan dengan itu akan diberikan santunan kepada panti asuhan yang diundang di Pengajian Akbar ini dan memberikan beasiswa kepada anak asuh yang sudah dibina oleh The Phoenix Hotel Yogyakarta sejak tahun 2004.***