Indonesia hadir di International Luxury Travel Market 2017 di Cannes,Perancis.(Foto:VITO France/EM)

Indonesia hadir di International Luxury Travel Market 2017 di Cannes, Perancis.(Foto:VITO France/EM)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Sadarkah Anda apakah outlet atau pelayanan yang Anda tawarkan termasuk mewah, luxury? Indonesia juga secara khusus memasuki segmen wisata mewah alias luxury. Itu antara lain dengan memperkenalkan sekaligus mempromosikan destinasi dan produk wisata luxury di International Luxury Travel Market (ILTM) 2017 pada 4-7 Desember 2017 ini di Palais des Festival, Cannes, Perancis.

Enam pelaku industri pariwisata Indonesia bergabung di booth Indonesia di ILTM 2017, yaitu operator tur dan hotel/resor terkemuka. Selain itu ada juga pelaku bisnis dari Indonesia yang membuka booth secara mandiri. Sementara Kementerian Pariwisata ikut mendampingi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, cukup banyak destinasi di Indonesia memiliki produk-produk luxury seperti hotel dan resor. Ini bisa dilihat dari pengakuan para pembaca majalah Travel+Leisure yang menobatkan resor Nihi Sumba Island sebagai hotel terbaik di dunia selama dua tahun berturut-turut.

“Keikutsertaan Indonesia pada ILTM tahun 2017 ini ingin menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu destinasi luxury kepada dunia,” ujar Pitana di Jakarta, Selasa (5/12).

Data Kemenpar menunjukkan, jumlah kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia pada periode Januari hingga Juli 2017 mencapai 144.676 orang. Ini meningkat 7,20 persen daripada periode yang sama pada 2016 yang mencapai 134.965 wisatawan.

“Berdasarkan evaluasi VITO Perancis, minat masyarakat Perancis berkunjung ke Indonesia semakin besar sejak diterapkannya visa-free policy untuk kunjungan hingga 30 hari. Indonesia bahkan menempati daftar 5 Teratas negara yang ingin dikunjungi oleh warga Perancis pada 2017,” ujar Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata.

Produk perjalanan mewah di Indonesia tentu saja tidak hanya Nihi Sumba Island Resort di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Beberapa lainnya yang telah diakui oleh traveler internasional, Resor di Pulau Nikoi, Kepulaun Riau dipilih sebagai “The Best Private Island Resort 2016” oleh pembaca Conde Nast Traveller. Lalu ada Locavore Restaurant Ubud dan Swept Away at The Samaya Ubud yang masuk di dalam daftar “10 Best Fine Dining Restaurants” dan menerima Travelers’ Choice Awards 2016.****