Branding Wonderful Indonesia di badan-badan bis wisata keliling kota Paris,Perancis.(Foto:VITO France)

Branding Wonderful Indonesia di badan-badan bis wisata keliling kota Paris,Perancis.(Foto:VITO France)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews):Jumlah wisatawan asal Perancis yang berkunjung ke Indonesia meningkat sebesar 13,60% pada Agustus 2017. Hal ini juga memastikan dan menunjukkan, pasar Prancis mencapai peringkat pertama dari negara-negara Eropa yang mengirimkan wisatawannya paling banyak ke Indonesia. Di musim panas 2017, Perancis  menduduki peringkat 1 dalam jumlah wisman ke Indonesia beberapa tahun terakhir.

Tercatat 38.055 wisatawan Perancis berkunjung ke Indonesia pada Juli 2017. Jumlahnya meningkat lagi menjadi 42.563 wisatawan pada Agustus 2017.

Asosiasi agen perjalanan dan operator tur Perancis, SETO dan EDV, mengumumkan, Indonesia masuk ke dalam daftar Top 10 Tujuan Long Haul di Prancis pada bulan Juli/Agustus 2017. Jumlah wisatawan yang ke Indonesia naik sebesar 46% (peringkat 1), pemesanan perjalanan pun naik 65% (juga peringkat 1).

(Sumber:SETO dan EDV)

(Sumber:SETO dan EDV)

Semua data pemesanan/penjualan dan keberangkatan berdasarkan pada SETO DATA, Gestour AMADEUS dan Orchestra (Platform Kenyamanan bagi agen perjalanan/operator tur di Perancis).  Jadi ini berasal dari sumber yang jelas dan padat. Itu diumumkan dalam satu jumpa pers saat bursa pariwisata internasional IFTM Top Resa 2017 berlangsung di Paris, Perancis jelang akhir September lalu.

Dari sisi pemesanan, tren lebih dari positif (+8%) membuka prospek yang sangat menarik untuk periode musim gugur-musim dingin.

“Distribusi digital berkinerja lebih baik daripada distribusi offline,” begitu SETO mengungkapkan.

Untuk Tujuan Long Haul, sejak akhir musim panas 2016 hingga musim panas 2017, tujuan-tujuan wisata di Afrika, Samudera Hindia dan Asia mengalami pertumbuhan yang kuat.

Di kawasan Asia, terjadi peningkatan di Indonesia (+29%) dan Maladewa (+18%). Indonesia berada di Top 10 Destinations Musim Panas 2017 dengan pertumbuhan 29 persen. Sekitar 12.480 orang memesannya melalui agen perjalanan/operator tur Perancis untuk mengatur perjalanannya ke Indonesia. Indonesia berada di TOP 3 pertumbuhan dan TOP 5 dengan jumlah perjalanan wisatawan (berdasarkan data SETO)

(Sumber:VITO France)

(Sumber:VITO France)

Eka Moncarre, Country Manager VITO Perancis, mengatakan, dari bulan Januari sampai Agustus 2017 Indonesia menjadi negara tujuan utama di Asia di pasar Prancis. Negeri ini telah menjadi tujuan paling disukai oleh orang Prancis.
Dalam hal kepergian, Indonesia berada di posisi kedua setelah Kuba dengan peningkatan 21% dibanding 2016. Dan dalam hal pemesanan perjalanan, Indonesia berada di peringkat 1, mengalami kenaikan 54% dibandingkan tahun 2016.

“Inilah pertanda bahwa Indonesia sekarang mulai memiliki tempat di hati orang-orang Prancis. Tren ini harus dijaga dan kita harus menjaganya tetap di jalur yang benar. Oleh karena itu, misi penjualan dan promosi pemasaran di Perancis yang bersifat B-to-C dan B-to-B harus dilanjutkan secara konsisten. Serta infrastruktur di Indonesia harus terus ditingkatkan guna menyambut semua wisatawan dari Perancis dengan lebih baik,” ujar Eka.

Tahun ini Kementerian Pariwisata telah menetapkan target 290.000 wisatawan Perancis  dalam rangka mencapai target 15 juta wisatawan mancanegara pada 2017. Peningkatan kunjungan wisatawan dari Perancis tersebut terjadi kendati belum ada layanan penerbangan langsung dari sana menuju berbagai destinasi di Indonesia. Agaknya national airlines Indonesia patut memperhatikan situasi ini.*** (Yun Damayanti, dari berbagai sumber)