Bangka Belitung Food Festival 2017.(Sumber:BBFF)

Bangka Belitung Food Festival 2017.(Sumber:BBFF)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Saat ini tengah berlangsung Bangka Belitung Food Festival (BBFF) 2017, tanggal 7-9 Desember 2017.  Pemda bersama-sama dengan stakeholders pariwisata Bangka Belitung (Babel) menggelarnya. Ini merupakan festival kuliner pertama yang menampilkan kekayaan kuliner dan gastronomi di Babel. Diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Bangka Belitung ke-17.

Festival kuliner ini dilaksanakan di Citraland Botanical City, Pangkalpinang, Bangka, Babel. Pengunjung bisa mencicipi ragam kekayaan kuliner dari Kota Pangkalpinang dan enam kabupaten yang ada di Provinsi Babel. Mulai dari yang terkenal seperti martabak bangka — hok lok pan–, otak-otak (pempek), lempah kuning, es kacang merah serta masih banyak lagi masakan dan penganan tradisional otentik yang masih dibuat dan dikonsumsi hingga saat ini. Paduan rasa, tekstur dan harum masakan Melayu-Tionghoa yang telah disajikan melewati beberapa generasi.

Pengunjung tidak hanya dapat mencicipi kekayaan kuliner Babel, tetapi sekaligus bisa melihat cara memasak melalui demo-demo masak interaktif, Coaching Clinic oleh para chef hingga mengikuti lomba bertemakan kuliner.

Lmba-lomba yang dapat diikuti ialah: Lomba Makan Hok Lok Pan (Martabak Bangka), Lomba Membuat Kue Tradisional Khas Bangka, Lomba Memasak Lempah Kuning, Amazing Race (Cooking Race), dan Lomba Membuat Kopi. Meskipun Babel bukan produsen biji kopi tetapi budaya minum kopi di warung kopi telah berlangsung lama, terentang sejak masa awal eksploitasi timah di pulau-pulaunya.

Si Kentut,salah satu kue tradisional Bangka yang dapat ditemui pengunjung BBFF 2017.Penasaran? (Foto:BBFF)

Si Kentut, salah satu kue tradisional Bangka yang dapat ditemui pengunjung BBFF 2017.Penasaran? (Foto:BBFF)

Ketua Penyelenggara Wendo Irwanto mengatakan, “Selain alamnya yang indah, Provinsi Bangka Belitung juga sangat kaya akan kulinernya yang lezat-lezat. Siapa pun yang datang ke Bangka, dijamin akan langsung jatuh cinta dengan deretan kulinernya yang memang lezat,” ujar Wendo.

Ketua Umum GIPI Kepulauan Babel Djohan Riduan Hasan menambahkan, tema besar yang dihadirkan dalam festival kuliner pertama ini adalah Lempah Kuning dan Martabak ‘Hoklokpan’ Bangka. Dua kuliner asal Babel itu memang sudah dikenal dan akan didorong menjadi ikon pariwisata Babel.

“Di acara puncak, Melati Erzaldi Rosman bersama Dekranasda Provinsi, Kota dan Kabupaten akan menggelar Festival Makanan Tradisional Khas Bangka dari Kota Pangkalpinang dan enam kabupaten yang terkenal dengan Kota Seribu Kue yakni Muntok dan Kota Seribu Warung Kopi yaitu Manggar (Belitung Timur),” ujar Dhojan.****